Cara Menggunakan System Restore di Windows 10 / 8 / 7

cara restore windows 7 10

Cara setting dan Menggunakan System Restore di Windows 10 / 7 / 8 / 8.1 / Vista dan XP

Alat Pemulihan Sistem di Windows adalah salah satu utilitas yang bermanfaat yang tersedia bagi Anda dan biasanya merupakan langkah awal yang hebat saat Anda mencoba memperbaiki masalah utama di Windows.

Singkatnya, Apa yang memungkinkan Anda bisa melakukan Windows System Restore adalah kembali ke konfigurasi perangkat lunak, registri, dan driver sebelumnya yang disebut titik pemulihan. Cara Menggunakan System Restore

Ini seperti “melepas” perubahan besar terakhir ke Windows, membawa komputer kembali ke keadaan saat titik pemulihan dibuat dengan cara repair windows 10 tanpa instal ulang.

Cara Menggunakan System Restore – Karena sebagian besar masalah Windows melibatkan masalah dengan salah satu dari aspek sistem operasi Anda, System Restore adalah alat yang hebat untuk digunakan pada awal proses pemecahan masalah.

Lihat Apa itu Restore Point?

Ikuti langkah mudah ini untuk mengembalikan Windows ke keadaan sebelumnya,
menggunakan System Restore:

Waktu yang Diperlukan: Menggunakan alat Pemulihan Sistem untuk membatalkan / membalikkan perubahan pada Windows biasanya memakan waktu antara 10 sampai 30 menit, setidaknya dalam banyak kasus seperti itu.

Rekomendasi: Cara menyambungkan Wifi di Windows 10

Penting: Bagaimana Anda mengakses System Restore berbeda antar versi Windows.
Berikut adalah tiga prosedur terpisah: satu untuk Windows 10, Windows 8, atau Windows 8.1, satu untuk Windows 7 atau Windows Vista, dan satu lagi untuk Windows XP. Tutorial Cara Menggunakan System Restore di Windows

 

Tutorial Cara Menggunakan System Restore 

Cara Menggunakan System Restore di Windows 10, 8, atau 8.1
1# Buka Panel Kontrol. atau cari saja dari kotak Windows 10 Cortana / Search atau Windows 8 / 8.1 Charms Bar.

2# Ketuk atau klik System and Security di dalam Panel Kontrol.

3# Di jendela System and Security yang sekarang terbuka, klik atau tekan System.

4# Di sebelah kiri, klik atau ketuk tautan System protection.

5# Dari jendela System Properties yang muncul, tekan atau klik tombol System Restore …. Jika Anda tidak melihatnya, pastikan Anda berada di tab System Protection.

6# Ketuk atau klik Next> dari jendela System Restore yang bertanda Restore system files and settings.

Catatan: Jika sebelumnya Anda telah melakukan Pemulihan Sistem, Anda mungkin melihat opsi Undo System Restore, dan juga opsi Choose a different restore point. Jika ya, Pilih titik pemulihan yang berbeda.

7# Pilih titik pemulihan yang ingin Anda gunakan dari yang ada dalam daftar.

Kiat: Jika Anda ingin melihat titik pengembalian yang lebih lama, periksa kotak centang Show restore point lagi.

Penting: Semua titik pemulihan yang masih ada di Windows akan tercantum di sini, asalkan kotak centang itu dicentang. Sayangnya, tidak ada cara untuk “mengembalikan” restore point yang lebih tua. Titik pemulihan tertua yang tercantum adalah punggung terjauh yang bisa Anda pulihkan Windows.
8# Pada titik pemulihan yang Anda pilih, ketuk atau klik tombol Next>.
9# Konfirmasikan titik pemulihan yang ingin Anda gunakan di jendela Confirm your restore point lalu ketuk atau klik tombol Finish.

Tip: Jika Anda penasaran dengan program, driver, dan bagian lain dari Windows 10/8 / 8.1, Pemulihan Sistem ini akan berdampak pada komputer Anda, pilih tautan Pindai untuk program yang terkena dampak di halaman ini sebelum memulai Pemulihan Sistem. Laporan ini hanya informasi, namun mungkin membantu dalam pemecahan masalah Anda. Cara Menggunakan System Restore

10# Sentuh atau klik Yes to the Once startedYes to the Once started, System Restore cannot be interrupted. Do you want to continue?

Penting: Jika Anda menjalankan System Restore dari Safe Mode, ketahuilah bahwa perubahan yang dilakukan pada komputer Anda tidak akan dapat dibalikkan. Jangan biarkan ini menakut-nakuti Anda – kemungkinan besar, jika Anda melakukan Pemulihan Sistem dari sini, ini karena Windows tidak berjalan dengan baik, sehingga Anda memiliki beberapa pilihan lain. Tetap saja, ini adalah sesuatu yang harus Anda sadari.

Catatan: Komputer Anda akan restart sebagai bagian dari System Restore, jadi pastikan untuk menutup semua hal yang mungkin Anda jalankan saat ini.

11# System Restore sekarang akan mulai mengembalikan Windows ke keadaan pada tanggal dan waktu login dengan restore point yang Anda pilih di Langkah 7.

Anda akan melihat jendela System Restore kecil yang mengatakan Mempersiapkan untuk mengembalikan sistem Anda …, setelah itu Windows akan hampir sepenuhnya dimatikan.

12# Selanjutnya, pada layar kosong, Anda akan melihat Pesan Harap tunggu sementara file Windows Anda dan pengaturan sedang dipulihkan.

Anda juga akan melihat berbagai pesan yang muncul di bawah seperti System Restore yang menginisialisasi …, System Restore memulihkan registri …, dan System Restore menghapus file sementara …. ini mungkin akan memakan waktu sekitar 15 menit. .

Penting: Apa yang Anda tunggu di sini adalah proses Pemulihan Sistem yang sebenarnya. Jangan matikan atau restart komputer Anda!

13# Tunggu sementara komputer Anda restart.

14# Masuk ke Windows seperti biasa.

15# Di Desktop, Anda harus melihat jendela System Restore kecil yang bertuliskan “System Restore completed successfully. The system has been restored to [date time]. Your documents have not been affected.” “System Restore selesai dengan sukses. Sistem telah dikembalikan ke [date time]. Dokumen Anda belum terpengaruh.”

16# Ketuk atau klik tombol Tutup.

17# Sekarang setelah Pemulihan Sistem selesai, periksa untuk melihat bahwa masalah apa pun yang ingin Anda perbaiki benar-benar dikoreksi.
Jika Pemulihan Sistem tidak memperbaiki masalah, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas, pilih titik pemulihan yang lebih tua lagi

Jika Pemulihan Sistem ini menyebabkan masalah tambahan, Anda dapat membatalkannya, dengan asumsi tidak selesai dari Safe Mode. Untuk membatalkan Pemulihan Sistem di Windows, ulangi langkah 1 sampai 6 di atas dan pilih Undo System Restore. Cara Menggunakan System Restore

 

Bagaimana Cara Menggunakan System Restore di Windows 7 atau Windows Vista

1 # Arahkan ke Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools program group.

2# Klik ikon program System Restore.

3# Klik Next> pada jendela sistem Restore dan jendela pengaturan yang seharusnya muncul di layar.

Catatan: Jika Anda memiliki dua pilihan di layar ini, Recommended restore dan Choose a restore point yang berbeda, pilih opsi Choose a restore point yang berbeda sebelum mengklik Next> kecuali Anda benar-benar yakin bahwa titik pemulihan yang telah dipilih sebelumnya adalah yang ingin Anda gunakan .

4# Pilih restore point yang ingin anda gunakan.

Setiap titik pemulihan yang Anda buat secara manual, titik pemulihan yang dijadwalkan yang dibuat Windows secara otomatis, dan semua yang dibuat secara otomatis selama penginstalan program tertentu akan tercantum di sini. Anda tidak dapat menggunakan System Restore untuk membatalkan perubahan Windows pada tanggal dimana titik pemulihannya tidak ada.

Catatan: Jika perlu, periksa kotak centang Tampilkan lebih banyak lagi atau Tampilkan titik pemulihan yang lebih tua dari 5 hari untuk melihat lebih banyak daripada titik pengembalian terbaru. Tidak ada jaminan ada tapi ada baiknya dicari jika Anda perlu kembali ke waktu yang lebih jauh.

5# Klik Next>.

6# Klik Finish pada Confirm your restore point window untuk memulai System Restore.

Catatan: Windows akan ditutup untuk menyelesaikan System Restore jadi pastikan untuk menyimpan pekerjaan yang mungkin telah Anda buka di program lain sebelum melanjutkan.

7# Klik Yes to the Once started, System Restore cannot be interrupted. Do you want to continue? dialog box.

8# System Restore sekarang akan mengembalikan Windows ke keadaan yang tercatat di restore point yang Anda pilih di Langkah 4.

Catatan: Proses Pemulihan Sistem bisa memakan waktu beberapa menit saat Anda melihat pesan “Please wait while your Windows files and settings are restored”. Komputer Anda kemudian akan reboot seperti biasa saat selesai.

9# Segera setelah login ke Windows setelah reboot, Anda akan melihat pesan bahwa System Restore selesai dengan sukses.

10# Klik Close

11# Periksa untuk melihat apakah ada masalah Windows 7 atau Windows Vista telah diperbaiki oleh System Restore ini.

Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas dan memilih titik pemulihan lain jika tersedia. Jika pemulihan ini menyebabkan masalah, Anda dapat selalu membatalkan Pemulihan Sistem ini.

 

Bagaimana Cara Menggunakan System Restore di Windows XP?

1# Buka Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools.

2# Klik ikon program System Restore.

3# Pilih Restore my computer to an earlier time dan kemudian klik Next>.

4# Pilih tanggal yang tersedia pada kalender di sebelah kiri.

Catatan: Tanggal yang tersedia adalah saat titik pemulihan dibuat dan ditampilkan dengan huruf tebal. Anda tidak dapat menggunakan System Restore untuk membatalkan perubahan Windows XP pada tanggal dimana titik pemulihan tidak ada.

5# Setelah tanggal dipilih, pilih titik pemulihan spesifik dari daftar di sebelah kanan.

6# Klik Next>.
7# Klik Next> pada jendela Confirm Restore Point Selection yang Anda lihat sekarang.

Catatan: Windows XP akan ditutup sebagai bagian dari proses System Restore. Pastikan untuk menyimpan file yang telah Anda buka sebelum melanjutkan.

8# System Restore sekarang akan mengembalikan Windows XP dengan registry, driver, dan file penting lainnya seperti yang ada saat restore point yang Anda pilih pada Langkah 5 telah dibuat. Ini bisa memakan waktu beberapa menit. Cara Menggunakan System Restore

9# Setelah restart selesai, log in seperti biasa. Dengan asumsi semuanya berjalan sesuai rencana, Anda harus melihat jendela Restoration Complete, yang bisa Anda Tutup.

10# Anda sekarang dapat memeriksa untuk melihat apakah Pemulihan Sistem memperbaiki masalah pada Windows XP . Jika tidak, Anda dapat selalu mencoba titik pemulihan sebelumnya, jika Anda memilikinya. Jika Pemulihan Sistem memperburuk keadaan, Anda dapat membatalkannya.

Selengkapnya Tentang System Restore & Restore Points
Utilitas Windows System Restore tidak akan mempengaruhi file non-sistem Anda seperti dokumen, musik, video, email, dll. Jika Anda berharap bahwa Windows System Restore akan mengembalikan atau “membatalkan penghapusan” semua fil non-sistem, maka coba program recovery file sebagai gantinya.

System Restore & Restore Points biasanya tidak perlu dibuat secara manual. Dengan asumsi System Restore diaktifkan dan berfungsi dengan baik, Windows, dan juga program lainnya, secara rutin harus membuat titik pemulihan pada titik-titik kritis seperti sebelum patch diterapkan, sebelum program baru dipasang, dll.

Lihat Apa itu Restore Point? Untuk lebih banyak tentang restore point dan bagaimana cara kerjanya.

 

Cara Menggunakan System Restore di Windows 10 / 7

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*